Enter your keyword

Begini Cara Ampuh Mengecat Tembok Lama yang Benar

Begini Cara Ampuh Mengecat Tembok Lama yang Benar

Begini Cara Ampuh Mengecat Tembok Lama yang Benar

Cara Mengecat Tembok Lama

Bangunan yang sudah berdiri selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun pastinya sangat rentan dengan kerusakan. Bagian bangunan yang tampak usang juga bukan lagi menjadi sesuatu yang aneh mengingat usianya yang sudah tidak baru lagi.

Salah satu bagian yang paling rawan rusak dan tampak usang ialah tembok. Dimana cat dinding yang tadinya membuat tampilan tembok terlihat lebih indah lama kelamaan akan mengelupas sehingga membuat tempok terlihat seperti tak terawat.

Ditambah lagi dengan berbagai kerusakan semisal bagian tembok yang sudah mulai keropos, retak rambut, berlubang dan sebagainya.

Untuk membuat bangunan kembali tampak indah, Anda bisa mengaplikasikan cat baru pada tembok. Pilih cat dengan varian warna berbeda sehingga memberikan efek tampilan yang lebih fresh pada ruangan tersebut. Untuk cara mengecat tembok lama sendiri bisa dilakukan dengan beberapa tahap.

Benar sekali, langkah untuk aplikasi cat baru tidak bisa sembarangan agar cat baru bisa melekat lebih sempurna.

 

Beberapa Jenis Kerusakan Cat Dinding Lama, diantaranya:

  1. Kerusakan Ringan
    Biasanya kerusakan ini akan ditandai dengan warna cat dinding yang sudah memudar dan tampak kusam. Meskipun tidak menyebabkan kerusakan tembok, akan tetapi cat dinding yang sudah kusam tentu akan membuat penampila bangunan terlihat buruk.
  2. Kerusakan Medium
    Apabila kerusakan sudah memperlihatkan permukaan cat dinding yang tak lagi rata, aplikasi cat baru harus segera Anda lakukan agar tak sampai merusak tembok. Umumnya kerusakan ini akan ditandai dengan cat yang mulai terkikis atau terkelupas.
  3. Kerusakan Berat
    Saat cat dinding sudah menimbulkan bercak atau tampak melepuh kemungkinan besar kondisi ini juga menandakan kerusakan pada tembok. Ya, kondisi ini bisa saja terjadi lantaran tembok yang sudah rapuh dan melepuh, ditambah lagi dengan faktor eksternal seperti panas dan hujan yang terus mengenai tembok. Untuk memperbaiki tembok yang sudah seperti ini tak cukup hanya dengan cat baru, tetapi harus diratakan kembali menggunakan semen/material.

Berikut diatas merupakan kondisi atau kerusakan cat dinding yang menyebabkan Anda harus mengaplikasikan cat baru.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pengecatan Tembok

  • Kualitas cat yang digunakan, semakin bagus cat yang digunakan akan semakin awet pula cat tersebut.
  • Kualitas plamir yang digunakan
  • Kondisi tembok harus bagus, semisal karena capuran pasir dan semen yang tidak sesuai sehingga air akan mudah meresap pada pori-pori tembok, maka kondisi ini perlu diperbaiki terlebih dahulu.
  • Dinding perlu dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air, sehingga daya rekat cat baru maksimal.
  • Pencampuran atau kekentalan cat harus pas, dengan begitu cat akan melekat sempurna dan tampak menyatu dengan dinding.

Diatas adalah proses pengecatan yang perlu Anda perhatikan beberapa agar cat bisa tahan lebih lama.

 

Setelah Anda tahu kondisi dinding yang membutuhkan pengecatan ulang serta hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum aplikasi cat, perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengecat tembok lama juga perlu Anda siapkan.

 

Berikut adalah beberapa diantaranya perlengkapan yang Dibutuhkan Untuk Mengecat Tembok Lama :

  • Cat dinding (pilih jenis terbaik).
  • Cairan pencampur cat.
  • Kuas kecil dan besar.
  • Roll.
  • Ember untuk tempat mencampur cat.

 

Tahapan yang Harus Dilakukan pada Saat Pengecatan Tembok

Nah di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengecat tembok lama agar hasilnya lebih sempurna dan cat bisa melekat maksimal.

  1. Kelupas Cat Lamakelupas cat lama
    Cat lama yang masih menempel pada tembok bisa membuat cat baru tak melekat sempurna, bahkan memberikan hasil cat yang belang. Untuk itulah sebelum mengaplikasikan cat tembok baru, pastikan Anda telah mengelupaskan cat lama.Gunakan scrape atau alat lain untuk membuat cat lama terkelupas sempurna. Pastikan tak ada sedikitpun cat yang tersisa.Jika ada bagian yang sulit untuk dikelupas, Anda juga bisa menggunakan paint remover. Penggunaan paint remover ini cederung lebih cepat dan efektif, namun bahannya cukup keras sehingga unuk mengaplikasikan penghapus cat ini Anda perlu memakai kaos tangan.Setelah semua cat terkelupas, kemudian amplas tembok menggunakan amplas halus. Proses ini akan membuat permukaan tembok benar-benar terbebas dari cat lama serta menjadikan permukaan tembok lebih rata.
  2. Bersihkan Tembok Menggunakan Air
    Cara mengecat tembok lama berikutnya ialah dengan membersihkan tembok menggunakan air. Setelah diamplas, biasanya akan muncul butiran debu yang menjadikan tembok susah diaplikasikan cat. Oleh sebab itu Anda perlu membersihkan tembok menggunakan air terlebih dahulu.Selain untuk menghilangkan debu dan kotoran lain, pembersihan tembok menggunakan air juga berfungsi untuk membuat tembok lebih lembab. Pada kondisi ini cat akan melekat lebih sempurna dan hasilnya pun tampak lebih bagus.
  3. Perbaiki Kerusakan Tembok
    Jika didapati ada bagian tembok yang rusak, semisal sudah berlubang, retak rambut dan sebagainya, maka Anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu.Gunakan dempul untuk membuat tembok tampak kembali rata. Apabila tembok sudah tampak sempurna, baru masuk pada aplikasi cat baru.
  4. Aplikasikan Cat Dasar
    Untuk membuat cat tembok melekat sempurna, Anda perlu mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu.
    Aplikasikan cat dasar secara merata dengan ketebalan sedang (tak perlu terlalu tebal dan jangan terlalu tipis).Tunggu hingga cat dasar benar-benar kering dan Anda bisa mengaplikasikan cat berikutnya.
  5. Aplikasi Cat Tembok
    Masuk pada langkah inti, yaitu aplikasi cat tembok. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika cara mengecat tembok lama bisa menggunakan kuas ataupun roll.Namun sebelum memilih alat yang hendak digunakan, terlebih dahulu buat cairan cat dengan kekentalan yang sempurna.Campurkan cat tembok dengan tiner atau cairan pelarutnya sesuai takaran yang telah dijelaskan pada kemasan cat.Setelah didapat kekentalan yang sesuai, mulai aplikasikan cat tembok pada bagian yang sulit terlebih dahulu. Pada bagian ini Anda lebih disarankan menggunakan kuas kecil.

    Kemudian mulai dengan bagian/permukaan yang luas. Lakukan pengecatan dari bagian atas hingga paling bawah. Untuk bagian yang luas, Anda bisa menggunakan roll sehingga jangkauannya lebih banyak.

  6. Bersihkan Sisa Cat
    Pada tahap pengecatan dinding di atas, tentu akan ada sisa cat yang menempel pada bagian lain baik lantai ataupun perabot. Untuk membersihkan sisa cat tersebut Anda bisa menggunakan paint remover yang kemudian dibilas menggunakan air. Keringkan dengan handuk agar tidak ada bekas noda sedikitpun.

Jika Anda merasa kerepotan dengan langkah-langkah atau cara mengecat tembok lama di atas, saat ini sudah banyak jasa pengecatan tembok yang bisa membantu Anda. Tak hanya menawarkan jasa cat tembok saja, akan tetapi penyedia layanan jasa ini juga akan menawarkan jasa konsultasi terkait jenis cat, warna ataupun konsep dari aplikasi cat tersebut.

Beberapa penyedia jasa cat tembok juga menawarkan pilihan cat yang relative lengkap, sehingga sebagai client Anda bisa terima beres. Lalu bagaimana dengan harganya? Nah untuk harga sendiri sebenarnya tergantung dengan kondisi dinding, jenis cat/kualitas material cat yang dipilih serta luasnya area yang dikerjakan.

Untuk mendapatkan info lebih lengkap terkait jasa tersebut, Anda bisa hubungi kami melalui WhatsApps ataupun Email.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: