Enter your keyword

Begini Cara Merawat Lantai Epoxy yang Baik

Begini Cara Merawat Lantai Epoxy yang Baik

Begini Cara Merawat Lantai Epoxy yang Baik

Bagi Anda yang memiliki bangunan dengan lantai epoxy, hal in adalah sebuah kelebihan. Mengapa bisa dikatakan demikian? Sebab dengan menggunakan cat epoxy, lantai beton bukan hanya akan menjadi lebih kuat namun juga lebih awet dan tampak mengkilap. Selain itu biaya perawatan lantai epoxy pun cenderung sangat murah, bahkan untuk caranya pun sangat mudah dan praktis.

Nah bagi Anda yang belum paham bagaimana cara merawat lantai epoxy dengan baik, berikut ini panduannya untuk Anda ikuti.

Pemeliharaan Umum

Kunci terpenting untuk menjaga keawetan dan kualitas cat epoxy adalah dengan rutin membersihkannya. Anda bisa melakukan pembersihkan secara bertahap, yaitu:

Pembersihan Debu Seminggu Sekali

Meskipun hanya berupa partikel kecil, akan tetapi debu memiliki dampak yang cukup besar terhadap kerusakan lapisan cat epoxy. Untuk itulah, Anda perlu membersihkan partikel kecil ini secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

Anda bisa menggunakan pembersih debu biasa ataupun menggunakan sikat bulu empuk untuk hasil yang lebih maksimal. Umumnya sikat bulu empuk juga dapat mengangkat partikel lain yang berpotensi mengakibatkan goresan pada lantai epoxy.

Vakum Lantai Sebulan Sekali

Jika pembersihan menggunakan sapu atau sikat bulu empuk bisa Anda lakukan seminggu sekali, pembersihan setiap sudut lantai menggunakan vakum bisa Anda lakukan sebulan sekali saja.

Pembersihan ini biasanya dilakukan secara bertahap, pertama lantai dibersihkan menggunakan sikat bulu empuk atau stiff bristle broom kemudian dilanjutkan dengan vakum cleaner. Nah agar debu dan kotoran bisa terangkat semua, ada baiknya Anda meggunakan alat celah pada selang vakum.

Segera Bersihkan Tumpahan dengan Kain Lembut

Air atau bahna kimia yang terlalu lama menempel pada lantai epoxy dapat menyebabkan lapisan cat cepat mengelupas, maka dari itu setiap kali ada tumpahan benda cair segera lakukan pembersihan menggunakan kain lembut.

Apabila dibutuhkan, Anda juga bisa menggunakan pembersih berbahan lembut seperti Windex. Biasanya cairan pembersih ini dibutuhkan apabila tumpahan meninggalkan film atau lengket.

Pembersihan Mendalam

Selain pembersihan rutin, lantai epoxy juga perlu dibersihkan secara mendalam. Perawatan ini bertujuan agar lapisan epoxy bisa tahan lama dan tidak mudah rusak meskipun dikenai beban berat.

Pembersihan 3 Bulan Sekali

Setiap tiga bulan sekali, Anda perlu melakukan pembersihan keseluruhan. Dimana seluruh barang ataupun kendaraan yang terdapat pada lantai tersebut baiknya dipindahkan terlebih dahulu. Untuk material dan alat pembersihan sendiri bisa menggunakan sikat bulu empuk dengan cairan pembersih yang memiliki bahan soft.

Dalam hal ini adalah beberapa pilihan bahan pembersih yang bisa Anda gunakan, yaitu pembersih tak beracun dan ammonia. Kedua jenis bahan pembersih ini bisa Anda pilih sesuai kebutuhan lantai.

Kemudian untuk dosis atau takarannya sediri yaitu ½ cangkir larutan pembersih dan 1 galon air panas. Campur air dan larutan pembersih kemudian aplikasikan pada lantai epoxy.

Pembersihan Noda Membandel

Jika didapati ada noda membandel pada epoxy lantai, Anda bisa mengguakan sikat nilon kaku untuk membersihkan noda tesebut. Selain itu, agar noda lebih cepat hilang Anda juga bisa menggunakan larutan pembersih. Hanya saja rasio cairan pembersih yang digunakan harus lebih pekat dan cara aplikasinya dengan disemprotkan.

Pembersihan Noda Karat

Untuk membersihkan noda karat atau film garam, Anda bisa menggunakan pembersih yang berbasis asam laktat. Campurkan satu bagian air dan satu bagian pembersih asam laktat, kemudian oleskan pada lantai sembari digosok mengguakan sikat. Selanjutnya langsung bilas menggunakan air bersih dan keringkan. Perlu Anda ingat disini jika pembersih yang berbasisi asam laktat tidak boleh dibiarkan lebih dari 2 menit berada pada lapisan cat epoxy, sebab dapat berpotensi merusak lapisan cat.

Menghilangkan Bekas Goresan

Apabila lantai sering dilalui oleh benda dengan permukaan tajam, kemungkinan lantai epoxy tergores begitu besar. Parahnya goresan ini hanya bisa dihilangkan menggunakan concrete de-greaser. Gunakan material ini pada lantai epoxy selama 5-10 menit kemudian lanjut dengan digosok menggunakan sikat nilon. Jika bekas goresan sudah memudar, bilas menggunakan air dan jangan lupa keringkan.

Merawat Epoxy yang Telah Mengelupas

Epoxy lantai RusakMungkin banyak diantara Anda yang bingung bagaimana cara merawat epoxy yang sudah mengelupas, baik karena paparan bahan kimia, karena benda tajam atau sebagainya. Sebenarnya untuk masalah ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah satu yaitu mengganti lapisan epoxy dengan lapisan baru.

Mengapa harus diganti dengan aplikasi cat epoxy baru? Sebab lantai epoxy yang sudah mengelupas biasanya tidak akan bisa tampak bersih dan indah lagi, jika tidak diaplikasikan dengan cat baru. Untuk aplikasi cat baru pun lapisan cat lama harus dikelupas secara keseluruhan terlebih dahulu.

Itulah cara merawat cat epoxy agar tetap kuat dan selalu terlihat indah.

Nah jika lantai bangunan Anda memang sudah mengelupas dan layak ganti, kami PT. Apindo Karya Lestari salah satu jasa epoxy lantai terbaik siap membantu Anda. Dengan layanan jasa aplikasi cat epoxy terbaik dan terpercaya, kami berani memberikan lebih untuk Anda.

Yang pertama yaitu jaminan kualitas terbaik yang didukung dengan penggunaan cat epoxy kualitas nomer satu serta tenaga kerja professional. Selanjutnya untuk harga, kami membandrol harga terbaik dikelasnya. Menariknya lagi, dibalik kualitas nomer satu dan harga termurah, kami juga menawarkan garansi selama 12 bulan alias satu tahun.

Bayangkan, dimana lagi Anda bisa mendapatkan berbagai keunggulan tersebut dalam satu kontraktor epoxy. Untuk info, pemesanan dan konsultasi Anda bisa langsung hubungi customer service kami via WhatsApp ataupun via Email.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: