Biaya epoxy lantai menjadi penting untuk diketahui oleh konsumen yang membutuhkan perlindungan ekstra pada lantainya. Terutama pada lantai gudang maupun ruang laboratorium yang mungkin setiap hari dilewati kendaraan berat dan terpapar zat kimia. Keunggulan epoxy lantai yaitu menghemat biaya perawatan, karena mudah untuk dibersihkan.

Baca Juga: Apa itu Epoxy

Biasanya harga epoxy lantai sudah bisa diketahui berdasarkan berat cat epoxy per kilogramnya. Namun untuk mengetahui dengan pasti biaya yang dibebankan untuk Anda, maka harus dihitung pula luas lantai yang harus dilapisi cat epoxy. Pada artikel ini akan sedikit dibahas mengenai cara perhitungannya.

Cara Menghitung Biaya Epoxy Lantai

epoxy floor coating systems

Biaya epoxy lantai dapat dihitung dengan mudah dengan cara ini

Pada umumnya, harga pengerjaan dihitung per meter persegi. Apabila ukuran lantai yang akan diaplikasikan epoxy semakin luas, maka biaya diambil oleh Anda lebih murah. Namun hal tersebut merupakan perhitungan yang biasa dipakai oleh jasa epoxy lantai, singkatnya biaya yang dikeluarkan adalah hasil perhitungan luas lantai dan jumlah epoxy yang digunakan. Supaya Anda lebih memahami perhitungannya, berikut simak simulasinya di bawah ini

Diketahui:

Harga 1000 micron adalah Rp60.000/m2

Jarak = Menyesuaikan biaya tiket perjalanan

Cat Epoxy harga 1 pail = Rp1.000.000

hitung-biaya-epoxy-lantai
Estimasi di atas bukan angka sebenarnya, hanya sebuah simulasi agar Anda bisa menghitung sendiri berapa anggaran yang diperlukan. Biasanya biaya epoxy lantai yang diberikan kepada konsumen sudah termasuk biaya akomodasi untuk kontraktor. Selain ukuran luas dan ketebalan cat epoxy, Anda masih bisa memilih jenis epoxy lantai yang telah direkomendasikan oleh kontraktor.

Baca Juga :

Pertimbangan Menentukan Biaya Epoxy Lantai

Meskipun Anda sudah mendapatkan simulasi perhitungan di atas, ada lagi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan seperti penjelasan berikut ini.

1. Kondisi Lantai Mempengerahi Biaya Epoxy Lantai

Pertimbangan pertama, biaya epoxy dipengaruhi oleh kondisi permukaan lantai. Jika kondisinya rusak atau terdapat noda maka biaya pun jadi tinggi, sebaliknya biaya rendah apabila kondisinya siap diaplikasikan epoxy.

2. Ketebalan cat epoxy yang diperlukan

Tebal tipisnya cat epoxy dapat mempengaruhi biaya epoxy lantai yang dibebankan kepada Anda, semakin tebal maka kebutuhan cat, waktu, dan jumlah aplikator juga lebih banyak.

3. Material Cat

Biasanya biaya yang dikeluarkan menyesuaikan dengan material yang digunakan. Jika pencampuran komposisi epoxy tidak tepat, maka dana yang dikeluarkan akan lebih tinggi.

4. Luas Area Yang Akan Dikerjakan

Luas area pelapisan akan membutuhkan banyak cat epoxy, sehingga biaya epoxy yang dibebankan kepada Anda juga lebih banyak.

5. Jarak Lokasi Kerja

Biaya yang harus Anda keluarkan juga bergantung pada lokasi kontraktor berdomisili, apabila jauh dari lokasi pengerjaan maka dana yang dialokasikan juga harus besar. Karena konsumen juga harus menanggung biaya akomodasi para aplikator epoxy lantai.

Kelima pertimbangan di atas harus dipertimbangkan secara serius dan matang, karena untuk mendapatkan kualitas terbaik dengan harga epoxy yang sesuai tidaklah mudah. Namun, Anda juga tidak harus terpaku dengan harga yang mahal. Karena setiap harga yang dibebankan juga bergantung pada faktor lain, yang telah disebutkan di atas.

Jadi alangkah baiknya, jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada konsultan epoxy lantai dan meluangkan waktu untuk membandingkan harga sekaligus mencari tahu ongkos jasa epoxy. Gunakan pula simulasi perhitungan di atas, apabila Anda ingin mengetahui total biaya epoxy lantai yang akan dialokasikan.

About Author

You may also like

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
%d bloggers like this: