Meskipun epoxy lantai terlihat tetap bersih dan mengkilap setelah dibersihkan dengan cairan pembersih lantai biasa. Ternyata perawatan epoxy lantai dengan cara tersebut tidak dibenarkan, apalagi pemilihan cairan pembersih yang salah akan membuat lantai menjadi rusak. Sehingga diperlukan adanya cara khusus untuk merawatnya, berikut simak cara merawat epoxy lantai.

perawatan epoxy lantaiPencegahan Kerusakan Epoxy Lantai Coating

Langkah pencegahan terhadap kerusakan epoxy lantai dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Sebaiknya tunggu epoxy lantai benar-benar kering ketika Anda akan membawa barang bawaan yang cukup berat, karena dengan kondisi lantai basah tentunya akan membuat permukaannya sangat licin. Kedua, apabila Anda harus mengangkat barang berat dengan mesin dongkrak pastikan epoxy lantai sudah tertupi dengan beberapa lembar kayu lapis.
  • Sebagai pencegahan berikutnya, sediakan keset atau alas kaki di bagian pintu masuk epoxy lantai. Hal tersebut dilakukan agar debu dan kotoran tidak terbawa masuk ke ruangan dengan lantai yang telah dilapisi epoxy.
  • Supaya tidak meninggalkan bekas pada lantai saat mengelas, sebaiknya gunakan welding mat.

Membersihkan untuk perawatan epoxy lantai coating

Adapun untuk membersihkan epoxy lantai harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai prosedur. Lantai yang dilapisi cat khusus ini, ternyata memiliki kelemahan yang harus Anda ketahui. Hal tersebut untuk meminimalisir kerusakan lantai, simak penjelasannya sebagai berikut.

  • Anda perlu melakukan perawatan epoxy lantai secara rutin dengan cara membersihkannya, agar selalu mengkilap dan tahan lama. Gunakan handuk dengan bulu-bulu halus dan lembut untuk membersihkan debuĀ  yang terdapat di permukaan lantai yang telah dilapisi epoxy.
    Baca juga : Harga cat epoxy lantai per m2
  • Apabila terdapat cairan yang tumpah di permukaan lantai, misalnya cairan minuman maupun cairan bbm seperti premium kendaraan. Maka Anda hanya perlu mengusap permukaan lantai dengan handuk yang halus.
  • Anda bisa membersihkan epoxy lantai dengan melakukan penyemprotan, sebaiknya gunakan squeegeed dry agar lantai tetap aman.
  • Perawatan epoxy lantai berikutnya adalah membersihkan kotoran bandel pada lantai, maka Anda harus membersihkannya dengan cairan amonia. Langkah pertama, bersihkan lantai dari debu dan sisa puing bangunan. Langkah kedua, bersihkan lantai dari kotoran dengan pel busa keras dan amonia murni. Takaran pembersihnya menggunakan campuran amonia sebanyak empat sampai lima ons untuk per galon air panas.

Apabila kotoran yang menempel pada lantai berupa karat dan sulit untuk dihilangkan, maka Anda perlu membersihkannya menggunakan tapas dengan cara disikat. Jika noda tersebut belum hilang juga, gunakan scrub yang halus.

Kesimpulan

Dengan demikian berakhir sudah pembahasan artikel mengenai perawatan epoxy lantai, jika ada kesulitan dalam menerapkan langkah-langkah di atas. Tidak perlu ragu lagi untuk menghubungi aplikator epoxy lantai terdekat, apalagi jika Anda menyadari ada beberapa kesalahan dalam merawat epoxy lantai.

Hindari membersihkan epoxy lantai dengan menggunakan cuka maupun berbahan jeruk nipis. Kandungan asam pada kedua pembersih tersebut akan membuat lantai menjadi degloss. Selain itu, Anda juga tidak boleh menggunakan pembersih dengan bahan sabun. Karena dengan menggunakan sabun, justru membuat lantai menjadi licin saat basah, dan membuat lantai kurang mengkilap disebabkan sabun akan meninggalkan residu.

Lakukan tahap pencegahan pada epoxy lantai sebelum pesonanya pudar. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak sengaja melewatkan langkah-langkah di atas. Segera hubungi jasa epoxy lantai, untuk melakukan perawatan secara rutin mulai dari pencegahan, pembersihan secara berkala untuk menjaga kualitas epoxy lantai.

Jika Anda membutuhkan jasa pengecatan epoxy lantai silahkan hubungi tim spesialist epoxy lantai kami di Telephone / Whatsapp : 0812 1998 4028

About Author

You may also like

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
%d bloggers like this: