Enter your keyword

Jangan Sampai Gudang Anda Jadi Begini

Jangan Sampai Gudang Anda Jadi Begini

Jangan Sampai Gudang Anda Jadi Begini

Untuk mendapatkan lantai gudang dengan kekuatan maksimal, aplikasi cat epoxy adalah pilihan yang tepat. Selain mengaplikasikan cat epoxy guna memakimalkan kekuatan dan keawetan lantai beton pada gudang, pemeliharaan cat epoxy juga sangat penting diperhatikan. Jangan sampai lantai gudang menjadi rusak karena Anda tidak memperhatikan perawatannya.

Membicarakan tentang kerusakan lantai gudang, begitu banyak indikasi atau ciri kerusakan lantai yang bisa Ada identifikasi sejak awal. Seperti munculnya bercak dengan jumlah kecil, lapisan cat epoxy yang retak, ataupun cat epoxy yang sudah tampak mengelupas.

Lalu apa saja sih faktor penyebab kerusakan cat epoxy dan bagaimana penanggulangannya? Begini penjelasanya.

1. Muncul Bercak Pada Lapisan Cat Epoxy

 

Kerusakan yang paling umum terjadi pada lantai epoxy adalah munculnya bercak pada lapisan cat. Dimana bercak ini biasanya muncul dengan jumlah yang relative banyak. Penyebabnya sendiri bisa karena beberapa faktor, yang pertama yaitu aplikasi cat yang tidak sempurna sehingga cat tak melekat dengan baik pada lapisan lantai beton.

Jika lantai gudang Anda sudah seperti ini, lalu apa yang harus dilakukan? Untuk mengatasi kerusakan ini Anda bisa mengamplas atau mengelupaskan lapisan cat. Selanjutnya aplikasikan cat epoxy pada bagian yang dibutuhkan.

2. Epoxy Retak

 

Apabila Anda memiliki gudang dengan tingkat lalu lintas tinggi, kemungkinan lapisan epoxy menjadi retak angatlah besar. Hal ini dikarnakan beratnya beban yang melintasi lapisan cat tersebut. Bahkan keretakan bukan hanya terjadi pada bagian lapisan cat, namun sering kali hingga bagian beton.

Cara mengatasi kerusakan inipun tidak jauh berbeda dengan kerusakan yang ditandai dengan munculnya bercak pada lantai, yaitu dengan mengaplas ca epoxy hingga tidak tampak lagi goresan pada permukaannya.

Lalu bagaimana jika keretakan terjadi hingga bagian lantai beton? Untuk masalah ini mungkin Anda bisa melakukan perawatan lebih mendalam, seperti menggunakan injeksi beton. Pilih material yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda sehingga kerusakan dapat teratasi dengan baik tanpa membuat biaya perawatan membengkak.

3. Epoxy Mengelupas

 

Masalah terbesar pada lapisan cat epoxy yaitu apabila cat sudah tidak melekat sempurna atau sudah mengelupas. Penyebab dari kerusakan ini pun cukup beragam, mulai dari kondisi cat yang sudah tidak sempurna karena usia, terjadi kerusakan akibat paparan bahan kimia dan juga karena karena goresan benda tajam.

Nah untuk mengembalikan konidi lantai apabila cat epoxy sudah mengelupas tentu tidak lain dan tidak bukan adalah dengan mengaplikasikan cat epoxy baru. Namun sebelum mengaplikasikan cat baru, permukaan lantai harus terlebih dahulu dibersihkan dari cat epoxy lama yang sudah rusak. Berikut ini tahapan aplikasi cat epoxy baru apabila cat telah mengelupas.

  • Buang semua lapisan cat yang sudah mengelupas. Apabila cat belum seluruhnya terkelupas Anda bisa menggunakan alat bantu agar proses pengelupasan dan pembersihan lantai dari lapisan cat lebih mudah.
  • Selanjutnya bersihkan cat epoxy menggunakan cairan pembersih atau busa empuk agar seluruh kotoran yang menempel dapat terangkat.
  • Jika lantai sudah siap diepoxy, berikutnya aplikasikan cat primer. Penggunaan material ini berfungsi untuk membuat cat epoxy menjadi lebih kuat dan daya rekatnya lebih maksimal. Selain itu, aplikasi cat primer juga akan mengurangi resiko cat epoxy mengelembung yang menyebabkan adanya bercak pada lapisan cat.
  • Langkah selanjutnya ialah dengan mengaplikasikan cat epoxy sesuai dengan kebutuhan. Disini Anda perlu memperhatikan rasioa atau takaran cat epoxy yang digunakan. Selain itu ketebalan cat epoxy pada saat aplikasi juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Umumnya ketebalan cat epoxy sendiri disesuaikan dengan kebutuhan gudang.

Apabila gudang merupakan tempat penyimpanan barang dengan beban tinggi maka ketebalan cat epoxy pun tidak boleh kurang dari 1000 micron. Sedangkan gudang yang hanya digunakan untuk menyimpan benda dengan beban ringan, maka dapat menggunakan epoxy 500 micron.

  • Finishing, ya setelah cat epoxy diaplikasikan secara merata kemudian masuk pada tahap finishing. Umumnya tahap ini akan dilakukan dengan mengaplikasikan epoxy coating. Fungsi epoxy coating sendiri antara lain adalah untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan, memaksimalkan kekuatan lapisan cat dan juga untuk menambah kilau pada cat epoxy.

Apabila gudang Anda sudah menunjukkan kerusakan-kerusakan di atas, pastikan langsung lakukan penanganan secara tepat. Jikapun Anda tak bisa memperbaiki sendiri, begitu banyak kontraktor epoxy yang siap membantu Anda.

Cari Kontraktor Epoxy Untuk Memperbaiki Kerusakan Lantai Gudang

Ya, menggunakan jasa kontraktor epoxy berpengalaman jauh lebih disarankan bagi Anda. Sebab dengan tenaga kerja professional dan sudah berpengalama di bidangnya, proses perbaikan lantai epoxy akan lebih terjamin.

Prosedur dan material yang digunakan pada proses perbaikan pun akan sesuai standar, sehingga nantinya lantai gudang akan menjadi lebih awet, kuat, dan indah.

Kami PT. Apindo Karya Lestari adalah salah satu jasa epoxy lantai yang akan membantu Anda dalam segala macam masalah epoxy, mulai dari aplikasi epoxy hingga perbaikan epoxy dengan penerapan ulang cat.

Sebagai layanan lebih, nantinya Anda bisa langsung mengkosultasikan kerusakan epoxy pada gudang Anda. Setelah melakukan survei terkait kerusakan tersebut, kami akan menentukan penanganan yang tepat, apakah harus dilakukan perbaikan sebagia atau perbaikan total (aplikasi ulang cat epoxy).

Kami juga menawarkan jasa kosultasi gratis, semisal bagaimana cara perawatan cat epoxy yang tepat sehingga cat epoxy baru pada gudang Anda lebih awet.

Untuk info lebih lanjut dan konsultasi gratisnya, Anda bisa langsung hubungi customer service kami via WhatApp ataupun Email.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: