Enter your keyword

Perbedaan Polyester, Acrylic dan Epoxy Resin

Perbedaan Polyester, Acrylic dan Epoxy Resin

Perbedaan Polyester, Acrylic dan Epoxy Resin

Perbedaan Polyester, Acrylic dan Epoxy Resin

Daftar isi :

Beberapa diantara Anda mungkin sudah cukup familiar dengan polyester, acrylic ataupun epoxy resin. Dimana material-material tersebut banyak digunakan untuk lapisan pelindung sebuah area atau media. Namun sudah tahukah Anda apa perbedaan ketiga bahan tersebut?

Meskipun sering digunakan untuk tujuan yang sama, namun sebenarnya ketiga material atau bahan tersebut memiliki perbedaan yang begitu banyak. Bukan hanya dari segi tampilan fisiknya saja, namun aroma, kandungan hingga hasil penerapannya pun berbeda satu sama lain. Untuk lebih jelas yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Polyester

Jika dilihat dari ciri fisiknya, polyester adalah cairan bening manis yang memiliki campuran sedikit variable katalis yang kuat sehingga menyebabkan massa menjadi panas (bahkan sangat panas ketika campurannya terlalu banyak). Polyester sendiri merupakan cairan serbaguna yang dapat digunakan untuk csting, coating hingga pembangunan komposit dan umumnya diaplikasikan bersama kain fiberglass.

Polyester sendiri termasuk dalam jenis plastik termoseting, yaitu jenis plastik yang memanfaatkan panas mapun katalis sebagai media untuk menetapkannya menjadi massa yang padat dan tidak meleleh meski terkena panas atau dingin.

Warna dari polyester sendiri sedikit kekuningan serta memiliki aroma yang begitu tajam. Untuk pengaplikasiannya harus benar-benar hati-hati, sebab material ini memiliki campuran katalis yang sifatnya sangat beracun.

Manfaat Polyester

Walaupun memiliki kandungan bahan yang beracun, namun apabila polyester diaplikasikan dengan tepat maka dapat dimanfaatkan untuk beragam kegunaan. Seperi untuk coating lantai, dimana lapisan polyester akan memberi perlindungan tambahan pada lantai beton ataupun lantai dengan bahan ubin kayu. Anda juga bisa memanfaatkan polyester sebagai casting dan material pelapis pada pembuatan komposit.

Pengertian Acrylic

Acrylic atau yang lebih akrab dikenal dengan sebuatn rsin akrilik merupakan termoplastik, yaitu kelompok plastik yang dapat dipanaskan serta dimanipulasi berkali-kali. Namun ini terjadi untuk pengecualian, yaitu tidak termasuk emulsi acrylic yang merupakan material dasar dari cat akrilik.

Untuk pengaplikasiannya sendiri acrylic biasanya dicampur dengan beberapa material seperti polimer, bubuk kering, akrilik, monomer meil metakrilat, hardener, cairan tipis serta peroksida organic. Selain itu penerapan acrylic juga harus menggunakan autoclave atau tekan hidrolik yang berfungsi untuk mengurangi tekaan gelembung udara serta menghindari tekanan internal yang dihasilkan oleh reaksi eksotermis penghasil debu beracun monomer dan uapnya.

Sama seperti material polyester yang memiliki sifat beracun, beberapa material campuran acrylic juga bersifat beracun. Seperti peroksida organic, juga bebraa lainnya yang bahkan bersifat ekplosif dan dapat menyebabkan kebutaan apabila mengenai mata.

Manfaat Acrylic

Pada pengaplikasiannya, acrylic memiliki lebih banyak media aplikator. Ya, selain digunakan untuk lapisan pelindug acrylic juga biasa digunakan untuk sebuah wadah atau tempat mengingat sifatnya yang dapat dibentuk berulang kali dan dengan bentuk yang fleksibel. Kekuatan acrylic pun relative kuat, yaitu tergantung dengan campuran dan pembentukan material ini. Pastikan jika penerapan acrylic hanya dilakukan oleh tenga ahli yang sudah professional.

Pengertian Resin Expoy

Secara keseluruhan material campuran yang digunakan pada resin epoxy tidak berbeda jauh dengan material campuran pada resin lain. Hanya saja untuk resin epoxy memiliki campuran ekstra yang menjadikan material ini lebih kuat dan kokoh ketika diterapkan pada media aplikator. Resin epoxy umumya akan memberikan hasil yang lebih maksimal ketika diaplikasikan bersamaan dengan kain berteknologi tinggi, semacam Kevlar serta grafit.

Hanya saja untuk resin epoxy memiliki sifat tidak mampu menahan paparan sinar matahari (UV) serta tidak mengatur air layaknya acrylic.

 

Manfaat Resin Epoxy

Setiap material tentu memiliki manfaat dan kekurangan masing-masing. Termasuk resin epoxy, walaupun memiliki sifat yang tidak dapat menangkal sinar UV dan tidak dapat mengatur air namun resin epoxy mampu memberikan perlindungan ekstra pada media aplikator. Selain itu permukaan yang dihasilkan pun begitu berkilau sehingga nampak lebih elegan dan classy.

Media aplikatornya pun bisa dibilang cukup beragam, namun salah satu yang paling banyak adalah lantai beton. Dimana lapisan epoxy ini akan memberikan finishing yang begitu berkilau dan memberikan kekuatan maksimal pada lantai.

Bagaimana sudah jelas apa saja perbedaan polyester, acrylic dan resin epoxy? Jika dilihat secara keseluruhan, perbedaa ketiga material tersebut ada pada campuran bahan dan hasil akhir pengaplikasian material.

Sedangkan untuk ciri fisiknya sendiri perbedaan tidak begitu jelas, yaitu masing-masing memiliki warna yang tidak tajam atau cenderung bening. Untuk resin yang memiliki warna lebih pekat biasanya sudah dicampurkan dengan material lain. Seperti pada epoxy yang banyak dicampur dengan warna tambahan sehingga penerapannya untuk epoxy lantai lebih cantik.

Tak hanya itu, beberapa material pengisi inert dan polyester pewarna khusus juga dapat menghasilkan warna yang pekat dan buram. Namun aplikasi material campuran ini biasanya hanya untuk kebutuhan tertentu dan jarang dilakukan.

Setelah mengetahui perbedaan masing-masing material dan sifatnya, mungkin Anda berfikir untuk menerapkan atau mengaplikasikan material ini sendiri. Akan tetapi ingat, jika masing-masing material juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh. Dengan sifat hardener yang cukup keras (sensitive pada kulit) maka pengaplikasian harus dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan aplikator yang tepat.

Tahap demi tahap pengaplikasian pun harus dilakukan dengan baik agar prosesnya tak hanya aman namun juga memberikan hasil yang maksimal. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa langsung percayakan pengaplikasian polyester, acrylic ataupun resin epoxy pada tenaga kerja professional yang sudah berpengalaman. Tak perlu bingung dimana harus mencarinya, sebab saat ini begitu banyak kontraktor atau penyedia jasa aplikasi polyester, acrylic dan resin epoxy.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: